Senin, 31 Desember 2018

Usir Rasa Malas, 8 Trik Ini Mampu Jadikan Kamu Tetap Semangat!




HobiQQ - Biasanya orang-orang termasuk kamu cenderung bersemangat ketika merencanakan suatu hal. Apalagi yang menyangkut tujuan hidup di masa depan. Namun pernahkah kamu merasakan semangat yang menggebu-gebu hanya di awal, lalu makin lama muncullah rasa malas yang bikin planning-mu jadi semakin tertunda untuk dilakukan?

Kalau jawabannya iya, kemalasan tersebut wajib untuk kamu lawan. Walau bukan perkara gampang, kamu tetap harus berupaya untuk membuat semangatmu lebih kuat dan bisa menang dari rasa malas. Cobain yuk, delapan trik ampuh yang bisa tetap menghidupkan semangat juangmu!


1. Buat komitmen pada diri sendiri tentang keinginan kamu mencapai suatu tujuan

Komitmen merupakan hal krusial yang mesti setiap orang miliki ketika ingin mencapai sesuatu. Jika tidak ada komitmen, maka kamu cenderung sesukanya dan lupa akan tujuan. Sementara dengan adanya komitmen, kamu bakalan lebih bersikeras untuk tetap sejalur dengan tujuan hidup. Sesulit dan selelah apa pun, tujuan hidup tetap kamu upayakan selangkah demi selangkah karena tak ingin melenceng dari komitmen yang telah kamu buat.


2. Catat apa saja tujuan hidup yang ingin kamu capai serta fokus pada prioritas

Merasa semangat cuma berkobar di awal saja? Yuk, catat semua tujuan hidup yang ingin dicapai! Menuangkan goals dalam bentuk tulisan dinilai ampuh, daripada hanya menyimpannya dalam ingatan. Saat kamu menuliskannya satu per satu, kamu akan jadi lebih paham apa keinginanmu lho. Selain itu, kamu pun fokus untuk mendahulukan prioritas lebih dulu. Dengan cara ini, kegiatanmu akan lebih terorganisir dan tidak acak-acakan.


3. Buat kata-kata atau karya penyemangat agar membuatmu tetap termotivasi

Kamu jago dalam bidang seni? Jangan ragu untuk membuat sebuah karya seni berisi motivasi hidup. Kamu dapat memilih kata-kata yang sekiranya ampuh untuk membangkitkan semangatmu. Pajang karyamu di dinding kamar atau di meja kerja.Tiap kali rasa malas mulai datang mengganggu, kuatkan lagi tekadmu dengan melihat ungkapan motivasi yang pernah kamu buat dan pahami maknanya.



4. Fokuskan pikiran pada proses yang tengah kamu jalani, jangan melulu pada hasil

Beda lho, ketika kamu lebih fokus dengan proses dibanding saat lebih fokus pada hasil. Lebih memusatkan pikiran pada proses bikin kamu ingin berusaha memberikan yang terbaik. Lain halnya dengan saat kamu terlalu fokus dengan hasil. Ini akan membuat kamu jadi tidak sabaran dan kurang mengusahakan yang terbaik pada proses. Bagian terburuknya, kamu bisa saja tertekan dan gelisah karena selalu ingin hasil yang serba instan.


5. Tak perlu memforsir tenaga tiap harinya, mulai sesuatu secara perlahan tapi pasti

Bersemangat bukan berarti kamu memforsir waktumu seharian penuh. Manfaatkan semangat tersebut agar menjadikanmu produktif. Kalau kamu terlalu forsir diri sendiri, yang ada kamu akan kelelahan. Bukan tidak mungkin pula, kamu akan merasa malas melanjutkan karena saking lelahnya. Melakukan sesuatu secara perlahan tapi pasti tetap menunjukkan kalau kamu produktif, kok! Justru kamu akan lebih bersemangat karena menyimpan energi untuk esok hari.


6. Baca buku-buku berkualitas yang bisa pacu semangatmu agar tak cepat padam

Di waktu luang yang kamu punya, jangan hanya isi dengan menonton TV atau tidur bermalas-malasan di kasur. Sesekali gunakan waktu senggangmu buat membaca buku-buku berkualitas. Kalau kamu bingung buku apa yang bagus, cari rekomendasi buku yang menarik minatmu dengan browsing di internet. Membaca buku berkualitas dijamin menularkan manfaat positif berupa rasa semangat yang tak mudah padam.




7. Luangkan waktu untuk menonton video motivasi yang ada di internet

Kurang suka membaca buku? Cari alternatif dengan menonton video motivasi. Tak perlu bingung-bingung, banyak sekali video berisi motivasi yang bakal bikin kamu selangkah lebih maju dari sebelumnya. Kamu dapat mencarinya di YouTube atau situs lainnya lalu pilih yang paling menarik buatmu. Saat kamu meluangkan waktu untuk menyimak video penyemangat, kesadaranmu untuk fokus pada tujuan hidup turut bertambah. Kamu pun jadi tak mudah goyah ketika kemalasan datang mengganggu.


8. Biasakan diri tidur lebih cepat biar bangun lebih pagi

Kalau masih suka begadang atau tidak mendapat tidur yang cukup, berusahalah buat membiasakan diri tidur lebih cepat. Memang sih, awalnya akan terasa sulit. Tapi lama-lama kamu bisa kok tidur lebih cepat kalau mencoba terbiasa. Dengan kebiasaan seperti ini, kamu akan cenderung bangun lebih pagi dari biasanya. Tak hanya itu, badan dan pikiran akan lebih fresh dibandingkan saat kamu terbiasa begadang.

Gimana menurutmu, guys? Apakah selama ini kamu sudah bisa melawan malas? Kalau merasa diri sendiri masih agak sulit diatur, kamu bisa terapkan trik tadi. Pastinya ampuh dan bikin rasa malas langsung cepat pergi.

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda