Sabtu, 29 Desember 2018

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Sedih Saat Sulit Atasi Masalah





HobiQQ Dalam kehidupan, permasalahan adalah sesuatu yang biasa dihadapi setiap orang. Walaupun tidak semua permasalahan dapat memperkuat sebuah hubungan, tetapi hal itu tidak selalu bernilai negatif.

Tetapi mungkin banyak dari kita justru takut dan langsung putus asa saat dihadapkan pada sebuah permasalahan. Padahal masalah tersebut merupakan sesuatu yang wajar dan terkadang tidak selalu bisa diatasi karena beberapa alasan di bawah ini.


1. Masalah tidak bisa dihindari

Adalah sebuah mitos jika kita memandang masalah sebagai suatu yang tidak produktif dan harus dihindari. Permasalahan akan selalu terjadi, baik dalam sebuah hubungan yang erat sekalipun, karena setiap individu memiliki perspektif yang berbeda dalam memandang dunia.

Masalah adalah hal yang normal yang pasti dialami semua orang guys, so jangan takut ketika kamu tidak bisa menghindarinya.



2. Masalah tidak hanya karena miss komunikasi

Seringkali sebuah masalah terjadi karena adanya kesalahpahaman atau kurangnya empati pada orang lain. Tetapi, permasalahan juga bisa terjadi jika kita memiliki pandangan yang berbeda dengan orang lain. Setiap individu mempunyai tujuan dan kebutuhan masing-masing yang mungkin bisa menjadi sumber masalah.


Jadi, mungkin inilah sebabnya kenapa sebuah masalah sulit untuk kita atasi, karena memang ini bukan sebuah kesalahpahaman.


3. Masalah muncul bukan berarti hubungan antar pribadi buruk

Terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa sebuah masalah berasal dari sebuah hubungan. Adanya ketidaksetujuan bukan berarti sebuah hubungan sedang dalam masalah. Justru adanya rasa canggung, obrolan yang kaku, dan kesopanan yang berlebih bisa menjadi tanda bahwa sebuah hubungan tidak berjalan dengan baik.

Bisa berekspresi secara jujur saat kita tidak setuju akan suatu hal justru menandakan sebuah hubungan berjalan dengan baik.




4. Tidak semua permasalahan selalu dapat diselesaikan

Karena masalah juga bisa terjadi akibat dari perbedaan pendapat, oleh karena itu sikap mengalah diperlukan untuk mengatasinya karena tidak semua perbedaan pendapat dapat diselesaikan hanya dengan menyimak atau kemampuan menguraikan pesan dari lawan bicara. Beberapa persoalan memang akan membiarkan kita memiliki persepsi dan pandangan yang berbeda dengan orang lain, so jangan terlalu memaksakan diri guys!


5. Masalah bisa memberi manfaat

Karena sebuah masalah tidak selalu bersifat negatif tetapi merupakan sesuatu yang sehat dalam sebuah hubungan. Dalam sebuah hubungan yang tidak memiliki masalah, orang-orang yang terlibat bisa saja tidak dapat berkata jujur. Masalah yang terjadi mungkin bisa mengubah sebuah hubungan. Tetapi dengan adanya sebuah masalah kita bisa mengetahui isu-isu yang harus didiskusikan lebih lanjut dan menggiring negoisasi untuk mendapatkan pencerahan dalam hubungan kita.

Itu tadi beberapa hal yang bisa menjadi alasan mengapa permasalahan yang kita hadapi sulit untuk diselesaikan. Jangan terlalu sedih dan menyalahkan diri dulu ya guys, bisa jadi masalah yang kamu hadapi lebih sederhana dari apa yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu waktu untuk mengatasinya!


Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda