Rabu, 16 Januari 2019

Ini 5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Sedang Berusaha Menjatuhkanmu




HobiQQ - Memiliki rekan kerja yang bisa bersikap sportif adalah impian setiap orang. Namun kenyataannya, pasti ada saja rekan kerja yang membuatmu stres dan pusing karena ulahnya yang tidak profesional. Maunya terlihat dominan di antara yang lainnya. Berusaha melakukan apapun untuk mendapatkan reputasi yang baik di mata atasan dan rekan kerja yang lain.

Bahkan, demi mengejar obsesinya itu, ada-ada saja kelakuannya. Misalnya dengan menjatuhkan rekan kerjanya sendiri. Ini nih, yang bikin gemas. Nah, buat kamu yang saat ini merasa sedang ada rekan kerja yang usil terhadapmu alias sedang berusaha menjatuhkanmu, jangan khawatir, lakukan lima cara ini!


1. Jangan terkecoh, tetaplah fokus bekerja dan terus produktif

Cara paling ampuh untuk membuat orang yakin padamu adalah dengan memberikannya pembuktian. Tetaplah fokus menyelesaikan pekerjaanmu sebaik mungkin.

Apapun yang terjadi, jika kamu mampu memberikan hasil pekerjaan yang maksimal, kamu akan mendapatkan kepercayaan tanpa kamu minta sekalipun. Dan kamu telah membuktikan bahwa kamu memang layak untuk bekerja di kantormu. Jangan terkecoh, tetaplah fokus saja!


2. Bersikaplah seolah tidak terjadi apa-apa, jangan menjelaskan apapun pada rekan kerja lainnya

Bukan bermaksud cuek, hanya bersikap seolah tidak terjadi apa-apa. Tetaplah diam dan jangan gegabah jika tiba-tiba ada isu negatif tentang dirimu. Apapun yang dipikirkan oleh rekan kantor, kamu tidak perlu menjelaskannya.


Semakin kamu menentang segala isu negatif perihal dirimu, justru kamu malah akan dianggap melakukan pembelaan atas dirimu sendiri. Jika kamu melakukannya, kamu justru akan dicurigai nantinya. Lebih baik diam saja, bersikaplah seolah tidak terjadi apa-apa. Yang penting pekerjaanmu beres!



3. Tahan egomu, jangan sampai kamu membalas perlakuannya, tetaplah berbuat baik padanya

Tetaplah berbuat baik padanya. Sekalipun dia berusaha menjatuhkanmu. Perlakukan dia layaknya kamu memperlakukan rekan kerjamu yang lainnya. Jangan berusaha membalas perlakuannya. Jangan sampai dendam dan ingin menjatuhkannya pula.

Ingatlah bahwa kesabaranmu dan sikap bijakmu menghadapinya menunjukkan tingkat kedewasaanmu. Semakin kamu tenang, semakin baik pandangan rekan-rekan kantor terhadapmu. Sudah pasti isu negatif yang dibuatnya untuk menjatuhkanmu akan terkubur secara perlahan-lahan.


4. Tetaplah menjadi dirimu sendiri, tampilkan apa adanya dirimu, jangan bersandiwara apapun

Jangan bersandiwara tentang apapun. Jika memang kamu merasa kurang paham tentang pekerjaan yang diberikan padamu, bertanyalah, tidak apa-apa. Yang penting kamu tidak berpura-pura bisa. Sebaliknya, jangan sombong saat kamu bisa meng-handle pekerjaan. Tunjukkan bahwa kamu memiliki jiwa loyalitas yang tinggi dan bisa bersikap profesional.

Tunjukkan pula kamu adalah pribadi yang mau belajar dan terus mencoba hal baru. Secara tidak langsung, hal ini pasti membuat orang-orang disekitarmu luluh dan tidak terpengaruh oleh isu-isu negatif tentang dirimu. Sekuat apapun kamu akan dijatuhkan, kamu sudah mengantongi image baik. Tenang saja!


5. Sesekali beri dia pelajaran dengan cara yang elegan namun jangan sampai menjatuhkannya

Bukan ingin menjatuhkannya balik, tapi sesekali kamu bisa memberinya pelajaran dengan elegan. Sesekali, tolaklah secara halus ketika dia meminta bantuanmu untuk menyelesaikan pekerjaannya. Katakan saja jika kamu masih memiliki cukup banyak tanggungan pekerjaan.

Dengan begitu, dia pasti akan merasa kebingungan. Jadi saat dilakukan pemeriksaan pekerjaan oleh atasan, dia lah yang harus mempertanggungjawabkan sendiri pekerjaan yang belum sanggup dia selesaikan.

Kamu tidak perlu menjatuhkannya. Karena dengan melakukan hal ini, berarti dia sendiri yang menjatuhkan reputasinya sendiri di mata atasan. Buatlah dia berpikir bahwa seharusnya dia tidak berusaha menjatuhkanmu karena akan tiba waktunya dia juga akan membutuhkan bantuanmu. Pasti dia akan menyadarinya.

Itulah lima cara simpel untuk menghadapi rekan kerja yang berusaha menjatuhkanmu. Jangan gegabah, kamu harus bisa mengendalikan emosimu. Buat dia jera dengan cara yang elegan. Sudah pasti dia akan kapok melakukannya. Good luck!

Label: , ,

1 Komentar:

Pada 31 Januari 2019 pukul 16.59 , Blogger Unknown mengatakan...

kalo gitu mah langsung bunuh aja
RatuQQ
Daftar RatuQQ
RatuQQ
RatuQQ
RatuQQ
RatuQQ
RatuQQ
AsikQQ
ArenaQQ

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda